Kata fauna berasal dari latin, yaitu alam hewan yang aritinya adalah segala jenis binatang yang hidup didunia. 

Hewan juga dapat dibagi berdasarkan jenis makanan :

1. Karnivora

Karnivora merupakan hewan pemakan daging. Contohnya seperti Singa, Harimau, Serigala, Buaya dll.

2. Herbivora

Herbivora adalah segala jenis hewan pemakan tumbuh-tumbuhan. Contohnya seperti sapi, rusa, lembu, kerbau, jerapah.

3. Omnivora

Omnivoara merupkan hewan pemakan segalanya. Contohnya seperti beruang, tikus, ayam, gagak, dll.

7 Jenis Utama Hewan yang ada di Dunia

1. Mamalia

Mamalia

Mamalia adalah jenis hewan yang menyusui dan merupakan hewan yang paling banyak berada di sekitar kita. Hewan yang dianggap mamalia termasuk vertebrata berdarah panas yang memiliki rambut atau bulu dan yang bayinya minum susu.

Tidak seperti jenis hewan lain seperti burung dan serangga, semua bayi mamalia meminum susu yang berasal dari tubuh ibunya. Ini adalah salah satu cara utama untuk mengetahui apakah seekor binatang adalah mamalia.

2. Reptil

Reptil

Kadal, komodo, buaya, kura-kura, dan ular, semuanya termasuk dalam kelas hewan purba dan gagah yang dikenal sebagai reptil.

Reptil memilki kelompok yang beragam dengan lebih dari 10.000 spesies berbeda dan representasi besar dalam catatan fosil. Setiap spesies dalam kelas ini memiliki nenek moyang yang sama yang berusia lebih dari 300 juta tahun.

Pada tingkat dasar, semua reptil memiliki empat kaki, atau keturunan dari makhluk berkaki empat, termasuk ular, yang tampaknya masih membawa beberapa gen untuk membuat kaki. Mereka juga vertebrata dengan tulang punggung untuk menampung sumsum tulang belakang.

3. Burung

Burung

Burung, anggota kelas Aves, mencakup lebih dari 10.400 spesies hidup. Bulu mereka membedakan mereka dari semua kelas hewan lainnya; tidak ada hewan lain di bumi yang memilikinya.

Jika Anda melihat binatang berbulu, itu pasti burung. Seperti mamalia, burung adalah vertebrata berdarah panas dengan jantung empat bilik. Namun, mereka lebih terkait erat dengan reptil dan diyakini telah berevolusi dari dinosaurus.

4. Ikan

Ikan

Ikan adalah vertebrata akuatik. Mereka biasanya memiliki insang, sirip berpasangan, tubuh panjang ditutupi sisik, dan cenderung berdarah dingin.

Ikan hanya hidup di air, baik itu air asin maupun air tawar. Bahkan ada juga ikan yang hidup di lumpur seperti ikan lele dan ikan gabus.

5. Amfibi

Hewan Amfibi

Kelas resmi amfibi adalah Amphibia. Untuk memiliki klasifikasi amfibi, hewan harus menjadi vertebrata, membutuhkan air untuk bertahan hidup, berdarah dingin, dan menghabiskan waktu baik di darat maupun di air.

Meskipun hewan lain hanya hidup di darat atau di air, amfibi memiliki kemampuan unik untuk berkembang secara seimbang di keduanya. Amfibi mencakup lebih dari 6.000 spesies berbeda di seluruh dunia, tetapi sekitar 90% adalah katak.

6. Serangga

Serangga

Semua serangga adalah bagian dari filum taksonomi Arthropoda, dan mereka secara kolektif disebut sebagai arthropoda. Adalah umum untuk melihat nama ini salah eja sebagai "antropoda", tetapi ini bukan istilah yang benar.

Serangga dapat ditemukan di hampir setiap lingkungan di planet ini, dan mereka saat ini mencakup lebih dari setengah dari semua organisme hidup yang dikenal di dunia. Mereka telah mengalami banyak siklus evolusi tergantung pada sumber daya yang tersedia bagi mereka.

7. Invertebrata

Ubur-ubur, hewan invertebrata

Burung, anggota kelas Aves, mencakup lebih dari 10.400 spesies hidup. Bulu mereka membedakan mereka dari semua kelas hewan lainnya; tidak ada hewan lain di bumi yang memilikinya.

Jika Anda melihat binatang berbulu, itu pasti burung. Seperti mamalia, burung adalah vertebrata berdarah panas dengan jantung empat bilik. Namun, mereka lebih terkait erat dengan reptil dan diyakini telah berevolusi dari dinosaurus.

Terbaru dari Dunia Fauna

BURUNG

Perbedaan Burung Kuntul dan Bangau

Burung kuntul berasal dari keluarga Ardeidae. Sekilas, burung kuntul mirip dengan burung bangau. Faktanya kedua burung ini berbeda.

BURUNG

Mengenal Burung Cekakak, si Raja Udang atau Kingfisher

Nama ilmiah untuk keluarga kingfisher adalah Alcedinidae. Nama ilmiah ini berasal dari nama latin burung, alcedo. Ada sekitar 90 spesies yang saat ini dikenali, masing-masing diklasifikasikan menjadi tiga jenis berbeda: kingfisher pemancing sejati, kingfisher hutan, dan kingfisher Dunia Baru.

MAMALIA

Kucing Karakal : Deskripsi, Habitat, Makanan dan Status Konservasi

Kucing Caracal (Caracal caracal) merupakan kucing yang tersebar di Afrika Utara, Semenanjung Arab dan Asia Barat. Kucing ini memilki tubuh yang lebih kecil dibandingkan kucing liar lainnya.

HERBIVORA MAMALIA

Mengenal Tapir Asia, Hewan Imut yang Terancam Punah

Tapir Asia (Tapirus indicus) atau juga yang dikenal sebagai Tapir Malaysia adalah hewan lucu yang memiliki belalai yang dapat diperpanjang dan saat ini memiliki status terancam punah.

MAMALIA KARNIVORA

Mengenal Singa Asia : Fakta, Habitat, Makanan dan Populasi

Singa Asia (Panthera leo persica) adalah subspesies dari singa yang hanya bertahan hingga saat ini di India dan oleh karena itu ia juga dikenal sebagai singa India.

MAMALIA KARNIVORA

Anjing Liar Afrika : Habitat, Makanan, Reproduksi dan Status Konservasi

Anjing Liar Afrika (Lycaon pictus) adalah mamalia asli Afrika. Fakta menarik dari hewan ini adalah mereka sering kali bertengkar dengan predator asli mereka yaitu singa.

BURUNG

Mengenal Burung Biru Timur atau Eastern Bluebird

Burung biru timur atau eastern bluebird merupakan burung yang cantik dan dicintai banyak orang Amerika. Burung ini dianggap sebagai pertanda musim semi.

MAMALIA

Kelinci Belang Sumatera : Spesies Kelinci Terlangka di Dunia

Kelinci Belang Sumatera adalah spesies Kelinci yang hidup di lingkungan hutan hujan, dan juga memiliki perbedaan sebagai salah satu Kelinci paling langka di dunia.

Temukan Kami

©AfricanElephantCrossing 2021